Impementasikan Gemar Makan Ikan dalam Kurikulum PAUD, Ny. Dewi St. Riska Bagikan Bakso Ikan Tuna

Impementasikan Gemar Makan Ikan dalam Kurikulum PAUD, Ny. Dewi St. Riska Bagikan Bakso...
Ny. Dewi St. Riska bagikan puluhan mangkok bakso ikan tuna kepada murid PAUD

Dispakan ''Ceria''

Dharmasraya ke depan harus diisi dengan orang orang yang kuat dan berbadan sehat. Begitu impian Ny. Dewi Sutan Riska. Isteri Bupati Dharmasraya itu dengan penuh semangat tampil sebagai panglima dalam mensosialisasikan gamar makan ikan bagi anak anak, agar kelak setelah dewasa menjadi anak cerdas dan berbadan kuat dan sehat.

"Sekarang saatnya saya harus berbuat, saat saya punya kesempatan untuk berbuat," sebut Dewi, ibu dua putra itu saat memberikan kudapan serba ikan kepada murid PAUD yang bersekolah di TK Negeri Pembina, Blok B. Koto Agung, Nagari Sungai Duo, Jumat (15/3/19). Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Dharmasraya itu terlihat tetap bersemangat meski kondisi kesehatan badannya masih belum pulih setelah beberapa waktu lalu masuk rumah sakit.

Dewi yang tampil dengan kaus lengan panjang warna merah dipadu dengan rok panjang warna hitam itu berpendapat, jika upayanya membuat anak anak Dharmasraya menggemari makan ikan ini berhasil, maka lima sampai sepuluh tahun ke depan, putra putri Dharmasraya bakal menjadi generasi yang unggul dari sisi kesehatan dan kecerdasannya. Oleh karena itu, dia menyerukan agar upaya memasyarakatkan makan ikan ini harus didukung oleh semua pihak, baik pemerintahan maupun swasta.

Kampanye makan ikan di TK Negeri Pembina Sitiung itu dilakukan dengan memberikan kepada siswa PAUD berupa semangkok bakso ikan tuna. Tiap mangkok diisi lima butir bakso ikan tuna lengkap dengan sayuran seperti lobak, kentang dan wortel. Dari sekitar 80 anak PAUD, hampir semua menyukai bakso ikan tuna, meski ada beberapa di antaranya tidak habis. "Mungkin porsinya banyak sehingga ndak termakan semua oleh anak anak kita," kata Asmadar, S.Pi, salah seorang penanggungjawab acara.

Selain makan bakso ikan bersama isteri bupati Dharmasraya, anak anak PAUD juga melaksanakan acara senam gerarikan dan menyanyikan lagu lagu gemarikan. Anak anak TK Pembina tampaknya cukup hafal mengenai dunia perikanan. Mereka dengan gamblang menyebut jenis dan nama ikan serta menunjukkan gambarnya. Ternyata, di TK Pembina Blok B ini, gemar makan ikan sudah menjadi kurikulum tetap.

Plt. Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Budi Waluyo, S.PKP mengatakan, pihaknya terus mensuport impian Ny. Dewi Sutan Riska. "Kita siap menjadi sponsor gerakan makan ikan bersama Forikan. Ini kegiatan yang sangat bermanfaat dan menentukan masa depan daerah kita. Untung saja Bu Dewi paham dengan ilmu kesehatan, sehingga beliau berkenan tampil sebagai panglima dalam gerakan makan ikan," kata Budi.

Sumber : https://www.kantorberitathetarget.com/berita-impementasikan-gemar-makan-ikan-dalam-kurikulum-paud-ny-dewi-st-riska-bagikan-bakso-ikan-tuna.html

Share Berita

Komentar Berita