Tingkatkan Konsumsi Pangan dan Gizi, Bupati Sutan Riska Melaunching 20 Varian Pangan Lokal Rasa Ikan

Tingkatkan Konsumsi Pangan dan Gizi, Bupati Sutan Riska Melaunching 20 Varian Pangan...
Bupati Sutan Riska didampingi para pejabat meninjau 20 varan menu ooahan pangan lokal rasa ikan

Pemkab Dharmasraya pimpinan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan tampaknya tak pernah berhenti berinovasi, terutama yang terkait dengan upaya untuk penyediaan pangan. Kamis 4 April 2019, Bupati termuda itu melakukan launching produk olahan pangan lokal rasa ikan di komplek BBI Sungai Dareh. Ada 20 varian produk pangan lokal rasa ikan yang diluncurkan oleh 20 pelaku UKM se Kabupaten Dharmasraya.

Dalam acara yang digagas Dinas Pangan dan Perikanan itu, selain Bupati Sutan Riska juga tampak hadir Sekda H. Adlisman, S.Sos., M.Si, tokoh masyarakat H. Zulfikar Atut Dt. Penghulu Besar, para kepala OPD, sejumlah Camat, sejumlah Walinagari dan puluhan UKM Bidang Pangan dan Perikanan. Mereka menyaksikan kepedulian Bupati Sutan Riska dalam upaya penyediaan pangan berbasis sumberdaya lokal.

Menurut Bupati Sutan Riska, dalam rangka penganekaragaman pangan dan gizi, masyarakat terutama pelajar harus terus diedukasi agar mereka mengkonsumsi bahan pangan yang beraneka ragam, terutama yang berbasis sumberdaya lokal. Untuk memasyarakatkan keanekaragaman konsumsi pangan, perlu ditumbuhkan UKM untuk memproduksi aneka jajanan pangan lokal supaya lebih digemari oleh masyarakat. Dengan begitu masyarakat punya pilihan pangan yang beraneka dan juga UKM yang memproduksi pangan bisa meningkat pendapatannya.

"Mari kita beri contoh warga kita agar bisa mengkonsumsi pangan yang beraneka ragam. Kalau bukan kita yang mempromosikan, siapa lagi," kata bupati. Oleh karena itu, dia minta agar untuk keperluan snack OPD, para kepala OPD membeli aneka poduk pangan lokal binaan Dinas Pangan dan Perikanan. Dengan demikian, kreasi yang sudah diciptakan oleh 20 UKM itu bisa diserap oleh pasar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Budi Waluyo, S.PKP menyebutkan, jumlah varian menu pangan lokal rasa ikan yang dilaunching oleh Bupati Sutan Riska sebanyak 20 varian, antara lain kue talam, kroket, combro, klenyem, cenil, apem, bolu gulung, risoles tuna, donat ikan dan lain sebagainya. "Saya tidak hafal benar, tapi memang banyak varian menu pangan lokal rasa ikan yang bisa kita ciptakan," kata Budi.

Sejumlah Kepala OPD terlihat banyak yang berminat. Kepala DLH Drg. Erina, MKM misalnya langsung memesan 10 kota snack kantoran dengan pembayaran kontan. Sementara Kepala Dinas Perkimtan Ir. Muhammad Afifi dan Sekretaris BKPSDM H. Harsono memilih mengisi daftar pemesanan. "Kita dukung upaya kreatif ini," kata Muhammad Afifi.

Sumber :https://www.kantorberitathetarget.com/berita-tingkatkan-konsumsi-pangan-dan-gizi-bupati-sutan-riska-melaunching-20-varian-pangan-lokal-rasa-ikan.html?

Share Berita

Komentar Berita