Tingkatkan Pendapatan Rakyat, Bupati Sutan Riska Gelontorkan Program Minapadi

Tingkatkan Pendapatan Rakyat, Bupati Sutan Riska Gelontorkan Program Minapadi
Program lapangan sekolah minitiadi Sitiung

Dispakan ---- EKONOMI

Untuk membantu masyarakat menambah pendapatan, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan kembali meluncurkan program pengembangan budidaya minapadi di Kecamatan Sitiung dan sekitarnya. Didanai melalui APBD tahun 2019 sebesar Rp 500 juta lebih, Bupati Sutan Riska bermaksud menyelenggarakan percontohan untuk masyarakat.

Plt. Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Budi Waluyo, S.PKP menjelaskan, pengembangan usaha minapadi merupakan alternatif bagi peningkatan produktifitas lahan sawah berpengairan teknis. Satu satuan luas lahan beririgasi teknis bisa menghasilkan dua komoditi ekonomis dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu, Pemkab tertarik menjadikan usaha minapadi ini sebagai bagian dari usaha menambah pendapatan masyarakat.

Mengawali kegiatan, sambung Budi, Pemkab Dharmasraya mengalokasikan anggaran cukup besar untuk menyelenggarakan percontohan. Ada empat paket percontohan minapadi di empat kelompok tani. "Percontohan akan dilakukan oleh empat kelompok tani, masing masing seluas tiga hektar. Melalui percontohan ini kita harapkan para petani yang menggarap sawah irigasi dapat melaksanakan pengembangan minapadi di masa yang akan datang," jelas Budi.

Budi melanjutkan, pelaksanaan paket percontohan usaha minapadi ini secara prinsip sudah mulai dilaksanakan. Kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah verifikasi calon pelaksana percontohan dan juga secara berangsur melaksanakan transfer teknologi. "Para penyuluh perikanan dibantu penyuluh pertanian sudah kita turunkan untuk memberikan bekal teknologi budidaya minapadi," kata Budi.

Pengembangan minapadi ini merupakan bagian integral dari pelaksanaan upaya Presiden Jokowi dalam mencukupi bahan pangan masyarakat. Para petani diharapkan dapat meningkatkan produksi padi, sekaligus meningkatkan poduksi ikan. Dua komoditi pangan bisa dihasilkan dalam satu lahan dalam waktu bersamaan.

Sumber :https://www.kantorberitathetarget.com/berita-tingkatkan-pendapatan-rakyat-bupati-sutan-riska-gelontorkan-program-minapadi.html?

Share Berita

Komentar Berita