DWP Kabupaten Dharmasraya Belajar Tanam Sayur ke BPP Tiumang

DWP Kabupaten Dharmasraya Belajar Tanam Sayur ke BPP Tiumang
Dharmawanita Persatuan Kabupaten Dhatmasraya belajar tanam sayuran ke BPP Tiumang

Nuansa dan suasana pertanian tampak begitu kental dan sangat terasa dalam pertemuan Dharmawanita Persatuan (DWP) tingkat Kabupaten Dharmasraya edisi bulan April 2019 ini. Dipercaya sebagai tuan rumah agenda rutin bulan tersebut, DWP unit Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya tak melepaskan momentum ini berlalu begitu saja, para srikandi ini juga ingin membuktikan bahwa mereka juga punya tanggungjawab untuk mendukung dan mensukseskan program Dinas Pertanian di tengah masyarakat tak terkecuali kepada sesama Dharmawanita dari Organisasi Perangkat Daerah OPD) lainnya, dikemas sedemikian rupa dengan berbagai tanaman disekeliling nya, diharapkan pengalaman walau hanya sesaat ini dapat diterapkan di lahan pekarangan rumah masing-masing. Tak hanya indah dipandang mata tapi juga bernilai guna untuk konsumsi terbaik bagi keluarga.

Bertajuk " Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan Aneka sayuran Organik" pertemuan bulanan DWP kali ini dihelat pada Jum'at (26/4) di pelataran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Tiumang menyajikan berbagai jenis sayuran, buah-buahan dan tanaman lainnya yang dibudidayakan secara organik. Peserta tampak begitu antusias melihat pemandangan ini, banyak yang berselfie ria seraya memanen aneka sayuran seperti bayam dan kangkung yang tumbuh subur dan tertata rapi. Dihadiri oleh Ny. Hj. Syafni Adlisman selaku ketua DWP Kabupaten Dharmasraya dan Camat Tiumang M.Zein, disamping bersilaturrahmi ajang ini juga digunakan sebagai media santapan rohani, bertindak sebagai penceramah adalah ustadz Taja Anaja yang menguraikan persiapan dan amalan yang dianjurkan menjelang datangnya bulan Ramadhan beberapa hari kedepan.

Sesuai dengan tema, agenda dilanjutkan dengan penyuluhan dan praktek langsung cara penanaman sayuran dalam polybag serta komposisi tanah / media yang digunakan. Dipandu oleh penyuluh pertanian Hidayati, SP (Koord. BPP Tiumang) dan Febi Sanita, SP, MP, para Dharmawanita ini tampak bersemangat dan mencoba secara langsung walau harus berdesakan dan tangan menjadi kotor tentunya. Setidaknya mereka dapat ilmu bertanam dimedia polybag sehingga walaupun lahan pekarangannya sempit, dengan metode ini tetap bisa dilakukan.

"Sebagai bagian dari Dinas Pertanian, kami juga punya tanggungjawab dan mimpi yang sama dalam memajukan pembangunan Pertanian di kabupaten Dharmasraya ini. Keluarga sehat melalui penyediaan pangan segar, tidak terkontaminasi oleh bahan kimia dan aman bagi kesehatan keluarga adalah impian kita semua" ungkap Ny. Lindawaty Darisman terkait tema yang diusung. Pada kesempatan ini ketua DWP unit Dinas Pertanian juga memberikan sejenis oleh-oleh khas pertanian kepada Ketua DWP Kabupaten Dharmasraya dan para peserta berupa sayuran organik segar ( bayam dan kangkung darat) dan paket bibit siap tanam beserta polybag yang terdiri dari bibit cabe, terung dan pepaya madu.

" Sesampainya dirumah, ditanam ya..... " pesan ibu tiga anak ini dengan semangat

Sumber : https://www.kantorberitathetarget.com/berita-dwp-kabupaten-dharmasraya-belajar-tanam-sayur-ke-bpp-tiumang.html?

Share Berita

Komentar Berita