SOSIALISASI MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN DALAM KURIKULUM PAUD/TK DI LAKUKAN OLEH DINAS PANGAN DAN PERIKANAN

SOSIALISASI MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN DALAM KURIKULUM PAUD/TK DI LAKUKAN OLEH DINAS...
Foto Bersama Anak PAUD/TK dalam Soaialiasai Memasyarakatkan Makan Ikan

Dispakan "-" Sosial

Sosialisasi Gemarikan merupakanGerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) adalah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yangn disyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas. Kegiatan ini mendukung memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) Tahun 2019, (05/12/2019).

Sosialisasi ini dihadiri oleh beberapa anak murid dan guru paud, sosialisasi ini terbagi 2 kegiatan pertama Sosialiasi tentang kandunga gizi didalam ikan dan mendemokan Gerakan Senam Gemarikan dan .

Banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan sangat penting dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak."Peringatan Hari Ikan Nasional adalah perayaan yang dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas,"

Plt. Sekretaris Dinas Pangan dan Perikanan menyampaikan sosialisasi gemar makan ikan adalah suatu upaya kita untuk meningkatkan kualitas anak-anak kita."Semoga kita dapat meningkatkan konsumsi makan ikan di masyarakat, yang tentunya harus dimulai dengan peningkatan konsumsi ikan di keluarga," katanya.

Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat mengetahui apa ituIKAN

  1. Ikan mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi dan lengkap terdiri dari Protein 13-20% per gram ikan,Mineral,Vitamin dan lemak
  2. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak.
  3. DHA pada daging ikan dapat meningkatkan kecerdasan anak dan kesehatan mata.
  4. AA pada daging ikan berfungsi untuk pertumbuhan dan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.
  5. EPA dan DHA dapat menurunkan kolesterol dalam hati dan jantung.
  6. Nilai protein ikan sangat tinggi. Ikan mengandung protein yang lebih lengkap dibanding dengan protein hewani lainnya. Protein dalam tubuh ikan mengandung 20 asam amino penting terutama lysis, valin dan methionin. Protein ini berguna untuk pertumbuhan badan, mempertahankan dan memelihara kesehatan tubuh serta mencerdaskan otak.
  7. Kandungan asam amino essensial sangat tinggi. Asam lemak tidak jenuh Omega 3 berfungsi untuk proses tumbuh kembangnya sel-sel otak yang sanagt baik bagi tumbuh kembang otak anak. Omega 3 juga mempunyai kemampuan 2-5 kali untuk melawan kolesterol, memperlancar peredaran darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang merupakan penyebab penyakit jantung koroner. Omega 3 juga dapat mengurangi tekanan darah dan mencegah penyakit kulti serta mengurangi peradangan.
  8. Kandungan kolesterol rendah.
  9. Daging ikan mudah dicerna. Mulai dari balita sampai dengan lansia dapat menikmatinya. Penyerapan protein pun tingkat cernanya sangat tinggi. Sehingga baik bagi anak-anak yang memiliki pencernaan yang agak bermasalah.
  10. Diversifikasi olahan ikan pun sangat beragam. Diversifikasi ini mampu menarik anak-anak untuk menyukai mengkonsumsi ikan. Selain karena mudah dimakan, rasanya yang lezat, olahan yang beragam, dan cepat dapat disajikan.
  11. Rasanya enak dan gurih sesuai dengan selera anak.

Ciri-Ciri Ikan Segar

  1. Mata terang, bening, menonjol dam cembung.
  2. Warna kulit cemerlang, sisik kuat dan mengikat.
  3. Daging elastis dan kenyal.
  4. Bau ikan segar dan spesifik (khas).

Jenis Komoditas Perikanan

  1. Ikan laut : tuna, kakap merah, kembung, cumi-cumi, udang, dll.
  2. Ikan air tawar : ikan mas, nila, gurame, lele, patin, bawal, dll.
  3. Ikan air payau : bandeng, udang, dll.

Share Berita

Komentar Berita