OPERASI PASAR BAWANG PUTIH DI GELAR DINAS PANGAN DAN PERIKANAN BERSAMA TIKO TANI INDONESIA CENTER (TTIC) DINAS PANGAN PROVINSI UNTUK KESTABILAN HARGA DI PASARAN

OPERASI PASAR BAWANG PUTIH DI GELAR DINAS PANGAN DAN PERIKANAN BERSAMA TIKO TANI...
Pengoperasian Bawang Putih yang didistribusikan ke Masyarakat

Dispakan ''-'' Ekonomi

Dinas Pangan dan Perikanan bersama Toko Tani Indonesia CenterDinas Pangan Provinsi merangkul importir bawang putih dalam operasi pasar, Selasa, 18 Februari 2020. Operasi pasar bawang putih ini dilakukan di dua titik pasar di Kabupaten Dharmasraya.

Petugas pemantau harga pasar mengatakan harga bawang putih di pasaran saat ini mencapai Rp 50 ribu per kilogram. "Dalam operasi pasar yang digelar ini, harga bawang putih yang dilempar di pasaran Rp 32 ribu perkilogram.

Ada dua titik sasaran operasi pasar antara lain, Pasar Ampalu dan Pasar Sungai Rumbai. Operasi pasar digelar dengan tujuan menjaga stabilitas harga di pasaran sehingga tidak menjadi beban masyarakat. Sebanyak satu mobil box dengan kapasitas sekitar 1 (satu) ton disalurkan ke pasar itu pada Selasa ini. Dalam operasi pasar ini, pembelian bawang putih dibatasi hanya dua kilogram saja. "Bukan untuk pedagang tetapi untuk masyarakat umum".

Harga normal bawang putih sebenarnya antara Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu. Tetapi sekarang sudah mencapai Rp 30 ribu bahkan beberapa waktu lalu sudah hampir mencapai Rp 55 ribu. Beberapa faktor yang menyebabkan harga naik. Sudah menjadi hukum ekonomi, kalau barang berkurang, maka harga naik.

Munculnya Virus Corona menjadi salah satu faktor penyebab bawang putih langka di pasaran sehingga harganya naik. Untuk memenuhi kebutuhan bawang putih di Indonesia. salah satunya dengan mengimpor dari Cina. Namun karena Corona di Cina, maka kegiatan impor itu menjadi terkendala. Namun saat ini, bawang putih impor sudah mulai berdatangan, semoga harga bawang putih bisa stabil.

Jumlah bawang putih yang didiatribusikan melalui operasi pasar disesuaikan dengan yang di jatahkan Dinas Pangan Provinsi untuk Kabupaten Dharmasraya yaitu 1 (satu) ton. Operasi pasar juga dilakukan untuk melindungi pedagang agar tidak mendapatkan bawang putih di atas harga operasi pasar.

Share Berita

Komentar Berita