MONITORING DAN EVALUASI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) KELUARGA SAKINAH OLEH KEPALA DINAS PANGAN DAN PERIKANAN

MONITORING DAN EVALUASI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) KELUARGA SAKINAH OLEH KEPALA DINAS...
Kepala Dinas Pangan dan Perikanan bersama Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Meninjau Rumah Bibit KWT Keluarga Sakinah

Dispakan ''-'' Ekonomi

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan bersama Bidang Ketersediaan dan Konsumsi Pangan melakukan monitoring terhadap Kelompok Wanita Tani Keluarga Sakinah di Jorong Siguntur pada tanggal 19/02/2020. Disampaikan tujuan dari monitoring adalah Manjaga agar kebijakan yang sedang diimplementasikan sesuai dengan tujuan dan sasaran. Menemukan kesalahan sedini mungkin sehingga mengurangi risiko yang lebih besar. Melakukan tindakan modifikasi terhadap kebijakan apabila hasil monitoring mengharuskan untuk itu.

Kelompok Wanita Tani (KWT) Keluarga Sakinah merupakan kelompok Wanita Tani yang diharapkan sebagai jawaban bagi kebutuhan kelompok dan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan lestari dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal, pelestarian tanaman pangan untuk masa depan serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kelompok Wanita Tani Keluarga Sakinah disamping sebagai wadah untuk pemenuhan pangan dan gizi keluarga diharapkan mampu untuk meningkatkan keejahteraan anggotanya berupa hasil tani dari usaha bersama kelompok. Selain itu mampu untuk mengajak warga masyarakat untuk bergabung dan mendirikan kelompok baru. Sebagai bukti bahwa KWT merupakan salah satu kegiatan positif dan mingkatkan kesejahteraan keluarga.

Sebagai pendukung kelompok, selain pengelolaan lahan anggota dan kebun bibit dituntut pembukuan yang rapih dan lengkap. Dengan pembukuan kegiatan kelompok akan terlihat jelas dan terekam dengan rapih. Pembukuan tersebut berupa buku anggota, buku kegiatan, buku rencana kegiatan, buku tamu, daftar hadir dan buku kas kelompok. Semuanya harus terisi dan tertata rapih.

Share Berita

Komentar Berita