SURVEI PENGOLAHAN IKAN PADA KELOMPOK HARAPAN MAKMUR DI NAGARI RANAH PALABI KECAMATAN TIMPEH

SURVEI PENGOLAHAN IKAN PADA KELOMPOK HARAPAN MAKMUR DI NAGARI RANAH PALABI KECAMATAN...
Hasil Pengolahan Ikan menjadi Kerupuk

Dispakan ''-'' Ekonomi

Ikan sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh, di samping itu nilai biologisnya mencapai 90%, dengan jaringan pengikat sedikit sehingga mudah dicerna. Hal paling penting adalah harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber protein lain.

Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya Melakukan pengecekan sekalgus kegiatan pembinaan ke Kelompok Harapan Makmur Nagari Ranah Palabi Kecamatan Timpeh, Kamis, 09 Juli 2020. Pengecekan yang dilakukan yaitu pengolahan ikan menjadi kerupuk, dimana sudah menjadi usaha pada kelompok tersebut.

Agar dapat memanfaatkan ikan dengan baik, perlu diketahui karakteristik yang dimiliki, misalnya struktur tubuh ikan, perbandingan ukuran tubuh dan berat, sifat fisik dan kimia, protein, lemak, vitamin, dan senyawa lain yang dikandungnya.Hasil --hasil perikanan merupakan sumber daya alam yang sangat besar manfaatnya untuk kehidupan manusia. Manfaat tersebut diantaranya sebagai sumber energi, membantu pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, memperkuat daya tahan tubuh, juga memperlancar proses fisiologis dalam tubuh.

Share Berita

Komentar Berita